Apakah Berciuman Kita Dapat Menularkan Gonore

Adakah kita bisa terkena gonore melalui ciuman di bibir? Bahkan, masih banyak orang yang belum mengerti tentang penularan virus gonore. Mari kita simak penjelasan berikut ini. Apakah Berciuman Kita Dapat Menularkan Gonore

Apa Itu Gonore?

Gonore adalah penyakit kelamin yang dapat menginfeksi pria dan wanita. Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, dubur (saluran anal), dan tenggorokan. Apakah Berciuman Kita Dapat Menularkan Gonore Gonore adalah infeksi umum, terutama di kalangan anak muda 15-24 tahun yang aktif secara seksual dan sering berganti pasangan.

Apa Gonore Dapat Menular Lewat Berciuman Bibir

Dari berbagai narasumber menyatakan bahwa ciuman tidak menyebabkan penularan gonore. Gonore mungkin ada di mulut Anda, tetapi penyebarannya tidak melalui ciuman dengan seseorang yang menderita gonore. Gonore dapat muncul di mulut atau tenggorokan Anda, hanya jika Anda melakukan hubungan seks oral dengan penderita gonore.

Penularan gonore dan penyakit menular seksual lainnya, sebenarnya ditularkan melalui tiga aktivitas seksual, yaitu hubungan seks vaginal (penetrasi antara penis dan vagina), seks oral, dan seks anal.

Penularan gonore juga dapat terjadi antara wanita hamil dan janin yang dikandung. Ketika ibu menderita gonore, bayi juga bisa dilahirkan dengan tertular gonore. Ini nantinya akan menjadi masalah kesehatan yang serius dan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sarannya, jika Anda sedang hamil dan menderita gonore pada saat yang sama, konsultasikan dan tanyakan kepada dokter tentang perawatannya, sehingga Anda bisa mendapatkan pemeriksaan, tes kesehatan, dan perawatan yang benar dan perlu dilakukan. Perawatan gonore sedini mungkin akan mengurangi risiko komplikasi kesehatan untuk bayi Anda di masa depan.

Tanda-Tanda Anda Terjangkit Gonore.

Penularan gonore pada awalnya sulit terdeteksi, bahkan beberapa orang tidak akan mengalami gejala sama sekali. Berikut adalah beberapa tanda bahwa pria menderita gonore:

  • Ada’nya reaksi panas dan menyakitkan saat buang air kecil
  • Keluarnya cairan putih, kuning atau hijau dari lubang penis
  • Penis dan testis terasa sakit dan bengkak

Demikian pula, gonore pada wanita. Jarang ada gejala yang muncul dan bisa langsung dilihat oleh penderita. Tapi, wanita harus waspada jika ada tanda-tanda penyakit seperti berikut:

  • Ada sensasi panas saat buang air kecil
  • Keputihan yang muncul sangat banyak selama beberapa waktu
  • Pendarahan terjadi di luar periode menstruasi

Ketika Sudah Pulih Dari Gonore Apa Bisa Berhubungan Intim Lagi?

Ketika Anda pulih dari gonore, dan Anda ingin berhubungan intim lagi, Anda harus bersabar. Anda disarankan menunggu sekitar 7-14 hari. Mengapa Karena tubuh Anda masih harus menyelesaikan efek dari obat yang Anda ambil selama proses pemulihan.

Tetapi dapat kambuh, Anda masih dapat terjangkit gonore lagi sebelum anda berhenti minum obat untuk waktu yang ditentukan dan hindari berganti pasangan sesudahnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *