Apakah Setelah Hubungan Intim Tidak Sehat Beresiko Terkena Sipilis?

Apakah Setelah Hubungan Intim Tidak Sehat Beresiko Terkena Sipilis?

Apakah Setelah Hubungan Intim Tidak Sehat Beresiko Terkena Sipilis? ~ Sipilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang menakutkan bagi banyak orang, baik pria ataupun wanita. Sipilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang dapat menginfeksi mulut, alat kelamin, kulit, serta sistem saraf pada tubuh manusia. Penyebab tertular sipilis biasanya melalui aktivitas seksual tidak sehat.

Sipilis sifatnya mudah menular, dan biasanya karena adanya kontak dengan lesi terbuka di permukaan kulit atau mukosa yang ada di si penderita. Sayangnya, lesi terbuka ini sering kali tak terasakan dan tak terlihat karena tidak ada sakit dan bisa segera menghilang dengan sendirinya dalam waktu cepat.

Selain itu gejala infeksi awal sifilis awal bisa berupa gejala lain yang sering tersamarkan seperti gejala flu biasa, sehingga sering sekali penderita yang terinfeksi bakteri dari sifilis tidak menyadari bahwa ia telah terkena infeksi. dikutip dari https://hellosehat.com

3 Aktivitas seksual yang menyebabkan seseorang tertular sipilis.

1. Penetrasi vagin.

Seks penetrasi penis dan vagina merupakan salah satu penyebab umum tertularnya sipilis. Saat melakukan hubungan seksual, bakteri pallidum yang terdapat di alat kelamin (bisa di penis ataupun vagina), akan menyebar langsung pada sentuhan dari gesekan alat kelamin di dalam vagina. Apalagi, jika cairan orgasme salah satu penderita terkena kelenjar getah bening, dan akhirnya akan berakhir menyebar ke seluruh tubuh.

2. Oral seks.

Oral seks adalah aktivitas seksual dengan memberikan rangsangan pada penis laki-laki, alat kelamin wanita (termasuk klitoris, vulva, dan vagina), atau anus dari orang lain dengan menggunakan bibir, mulut, dan lidah. Saat ini, semakin banyak orang tertarik untuk mempelajari dan mempraktikkan bentuk hubungan seksual ini. Banyak orang menyangka kalau seks oral aman dari penyakit menular seksual, terutama sipilis ini. Padahal seks oral merupakan salah satu cara paling tinggi penyebab seseorang tertular sipilis.

3. Anal seks

Anal seks Aktivitas seksual penyebab tertular sipilis yang satu ini, dapat disebabkan oleh Anda yang ingin mendapatkan sensasi berbeda, selain seks vaginal maupun oral. Biasanya, seks yang melakukan penetrasi ke anus dapat menyebar bakteri dan virus-virus penyakit seksual lainnya denga cepat. Apalagi anus manusia sangat minim kebersihan, jadi tidak heran jika virus dan bakteri penyebab tertular sipilis dapat disebabkan oleh anal seks yang mulai sering dilakukan.

Fase seseorang tertular sipilis

  • Pada stadium awal, timbul suatu luka atau borok di kelamin yang mempunyai sifat khusus yaitu tidak nyeri, sekitar luka teraba keras, dasar luka bersih berwarna merah terang, dan hanya ada satu atau dua luka.
  • Pada stadium kedua, akan terdapat tanda di kulit yang muncul kurang lebih 4-10 minggu, bisa berupa bercak kemerahan di telapak tangan kaki atau di wajah (dahi), bila sembuh meninggalkan bekas berupa bercak keputihan di kulit (lekoderma sifilitika).
  • Dapat pula timbul kutil-kutil di kelamin, lalu di dasar mulut atau lidah timbul bercak keputihan yang menebal tidak nyeri. Selain itu, di kepala atau rambut terdapat kebotakan akibat rontoknya sebagian rambut yang menyebabkan kebotakan yang khas, yaitu tepinya bergerigi seperti bekas gigitan serangga. Pada stadium ini, sipilis dapat menyerang jaringan otot, tulang bahkan jantung, dan saraf.

Obat Sipilis Herbal antibiotik yang terbuat dari extrak tumbuhan yang di komposisikan untuk membantu mengatasi penyakit sipilis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *