Beranda » Uncategorized » Contoh Rangka Atap Baja Ringan

Contoh Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 30 December 2022 | Dilihat sebanyak 2.576 kali | Kategori: Uncategorized

Contoh Rangka Atap Baja Ringan – Berbagai model atap seringkali memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan di mana bangunan tersebut berada. Misalnya di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi, rata-rata bentuk atapnya tidak sama dengan di luar negeri. Sebagian besar atap miring diterapkan di Indonesia, sehingga air hujan cepat jatuh ke tanah.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Varian baja ini awalnya dibuat karena bahan penyusun baja, karbon dan besi akan berkarat jika bahan tersebut terkena udara dan udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu terciptalah Rangka Atap Baja Ringan yang tidak hanya lebih ringan tetapi juga anti karat. Pemasangan atap baja ringan membutuhkan perhitungan yang tepat.

Contoh Model Rangka Atap Baja Ringan

Keterampilan Atap

Atap Skillion juga dikenal sebagai atap mono-pitch atau gaya gudang. Bentuk atap ini tampak memiliki satu permukaan datar dan dua sisi miring yang bertemu di bagian atas tengah bangunan. Bentuk lereng yang terlihat curam tidak hanya membuat air hujan mudah jatuh ke tanah. Model atap ini terlihat modern dan cocok untuk rumah minimalis.

Atap Pelana

Bentuk atap pelana tentu sudah tidak asing lagi. Karena di Indonesia model atap ini banyak diterapkan dan sepertinya sudah menjadi trend setter. Ciri-ciri atap pelana adalah memiliki dua sisi miring yang menyatu di bagian atas, sehingga terlihat seperti segitiga. Kemiringan di kedua sisi juga membuat atap jenis ini cocok diterapkan di Indonesia karena akan memudahkan air hujan jatuh ke tanah. Lebih dari itu, desain atap pelana juga tidak lekang oleh waktu dan bisa dipadukan dengan model rumah minimalis.

Gable Belanda

Atap pelana Belanda juga dikenal sebagai atap pelana Belanda atau atap pelana bertingkat. Jenis atap pelana belanda merupakan kombinasi dari atap pelana dan perisai. Dimana biasanya model ini terdiri dari atap pelana yang diletakkan di atas pelindung atap, sehingga membentuk ruang yang lebih dalam di loteng.

Tidak hanya menguntungkan karena adanya sisi miring yang memudahkan air hujan jatuh. Jenis atap pelana belanda juga memungkinkan lebih banyak sinar matahari alami dan menciptakan ventilasi yang baik. Cocok untuk Indonesia yang minuman tropis.

Contoh Penggunaan Rangka Baja Ringan

Pagar

Sebagai wajah rumah Anda, pagar yang terbuat dari baja ringan merupakan pilihan yang aman, kuat dan juga cocok untuk tempat tinggal Anda. Dengan banyaknya pilihan warna baja ringan dan pilihan desain, Anda dapat menemukan pagar yang sesuai dengan bangunan dan area di luar ruangan Anda.

Pintu Garasi

Baja ringan bisa menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan pintu garasi yang kuat, awet, mudah perawatannya dan tidak akan dimakan rayap. Selain pagar, pintu garasi merupakan salah satu fitur yang paling sering di lihat di rumah Anda, jadi penting untuk memilih bahan dan warna yang enak dipandang. Pintu garasi baja ringan berlapis warna sangat cocok dengan atap baja ringan dan pagar rumah Anda.

Selokan

Terbuat dari baja ringan, talang akan tahan korosi dan tidak mudah retak. Pilih baja ringan yang dilapisi cat berwarna agar talang Anda mendukung tampilan eksterior dan memiliki warna yang serasi dengan atap baja ringan di rumah.

Kanopi

Pemilihan baja ringan untuk kanopi merupakan solusi ideal karena dapat menyatu sempurna dengan rumah, tahan lama, kuat dan mudah perawatannya. Kanopi dari baja ringan juga menawarkan cara praktis untuk melindungi pintu dan jendela rumah Anda dari sinar matahari dan hujan. Dengan baja ringan berwarna, Anda bisa mendapatkan kanopi dengan tampilan yang Anda inginkan.

Perhitungan Perhitungan Rangka Atap Baja

merekam Data Ukuran Detail Rumah Anda

Sebagai informasi, pembahasan kali ini adalah untuk cara menghitung atap pelana baja ringan yang umum digunakan. Sebelum menghitung volume, siapkan data panjang dan lebar rumah, panjang overstek, dan kemiringan atap derajat. Misalnya, Anda akan menghitung rumah tipe 96 dengan panjang 12 meter dan lebar 8 meter. Overstek panjang 1 meter.

Kemiringan atap rumah sekitar 35 derajat. Ayo hitung semua ukuran rumah yang sudah kamu kumpulkan. Rumusnya adalah: Panjang bangunan = panjang rumah + 2*panjang overstek = 12 + 1 + 1 = 12 m, Lebar bangunan = lebar bangunan + 2*panjang overstek = 8 + 1 + 1 = 8 m dan Derajat kemiringan = cos 35 = 0,819 (dapat dihitung dengan tahunan).

Cara Menghitung Volume Rangka Atap Baja Ringan

Setelah mendapatkan semua data, Anda dapat mulai menghitung volume atap baja ringan. Rumus yang digunakan untuk menghitung volume rangka atap baja ringan adalah : Rumus Volume = (Panjang Bangunan + Panjang Overstek) x (Lebar Bangunan + Panjang Overstek) / Nilai Cosinus Derajat Kemiringan Atap Anda tinggal memasukkan data panjang dan lebar yang telah ditambahkan panjang overscore diatas.

Volume atap baja ringan : (Panjang Bangunan + Panjang Oversteel) x (Lebar Bangunan + Panjang Overstek): Nilai kosinus derajat kemiringan atap genteng = 14 meter persegi x10 meter persegi: 0,819 = 171 meter persegi. Mudah bukan menghitungnya? Mari kita lanjutkan menghitung kebutuhan baja ringan dengan Kaso, reng, sekrup dan jumlah ubin.

Demikian ulasan tentang, Contoh Rangka Atap Baja Ringan . Semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Hitung Luas Atap Baja Ringan

Gimana Cara Menghitung Luas Atap Baja Ringan? Cek Disini

Dipublish pada 11 July 2022 | Dilihat sebanyak 3.226 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Luas Atap Baja Ringan untuk menghitung biaya atap baja ringan  rata-rata yang dipakai dalam pengaturan RAB (Ide Biaya) pengeluaran bangunan. Arahnya untuk memahami ukuran permukaan atap yang akan dibikin. Dari hasil perhitungan ini akan ditentukan banyak kerangka baja... selengkapnya

atap baja ringan murah

Atap Baja Ringan Murah Yang Sering Di Gunakan Ada 3 jenis

Dipublish pada 17 July 2022 | Dilihat sebanyak 3.198 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Atap baja Ringan murah – Baja ringan atau yang biasa disebut juga dengan galvalum, ini sudah sangat banyak digunakan untuk material yang unik yang ditambah atau baja konvensional untuk pembuatan rangka atap. Galvalum dapat digunakan untuk melindungi beberapa bahan dasar... selengkapnya

Atap Baja Ringan

5 Tips Memilih Atap Baja Ringan Sebagai Penutup Atap Rumah

Dipublish pada 1 July 2022 | Dilihat sebanyak 3.307 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Wajib perlu petunjuk bahwa atap baja ringan merupakan penemuan terbaru dalam konstruksi rumah yang diprediksi akan mengalahkan keunggulan atap kayu dan atap. Keuntungan utamanya adalah baja ringan memiliki berat kurang dari 10kg per m2. Karena ringan, atap baja ringan lebih mudah... selengkapnya