Beranda » Pasang Rangka Atap Baja Ringan » Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Untuk Rab Atap Baja Ringan

Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Untuk Rab Atap Baja Ringan

Dipublish pada 11 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.809 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Rab Atap Baja Ringan – Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghitung kebutuhan baja ringan. Dalam proses pembuatan atap rumah dan kanopi teras. Salah satu cara menghitung kebutuhan rangka atau Rab Rangka Atap Baja Ringan adalah dengan menggunakan rumus trigonometri.

Saat ini penggunaan material rangka atap baja ringan semakin diminati banyak orang. Material baja ringan dianggap sebagai solusi praktis untuk memanfaatkan kayu dalam penggunaannya sebagai rangka bangunan. Material ini juga sangat ringan dan kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai material yang dapat menopang atap spandek dan genteng metal yang akan digunakan.

Rab Rangka Atap Baja Ringan

Rab Atap Baja Ringan

Rab Atap Baja Ringan

Bahan pembentuk baja ringan atau dikenal juga sebagai saluran C atau profil C terbuat dari senyawa karbon dan besi yang lebih tipis. Dan lebih ringan jika dibandingkan dengan pabrikan baja. Meski sangat ringan, jika dipasang dengan benar akan cukup kuat untuk menopang berat atap.

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

Kelebihan dari Baja ringan ini memiliki ketebalan standar 0,30 mm sampai 0,45 mm. Jika digunakan sebagai kolom, harus menggunakan baja ringan dengan ketebalan yang lebih besar. Dan juga lebih kaku dari yang digunakan pada rangka atap lainnya. Berikut kelebihan dan kekurangan baja ringan sebagai bahan konstruksi yang dapat digunakan untuk kebutuhan Anda.

  • Keuntungan Baja Ringan: Memiliki bobot yang ringan. Mudah dipotong dan dirakit. Tahan lama dan Tidak bisa terbakar.
  • Kekurangan Baja Ringan: Harus dirakit oleh pekerja terampil. Tidak bisa diekspos. Penggunaan atap dan kanopi yang terbatas.

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Seperti halnya kanopi rumah Anda, Anda harus mengetahui luas seluruh atap bangunan dan overstek yang akan digunakan. Setelah itu Anda bisa menghitungnya dengan cara berikut. Volume = (Panjang Bangunan + Tile Overstock) x (Lebar Bangunan + Tile Overstock) / Derajat Kemiringan Tile (Derajat Cos) Agar Anda dapat dengan mudah memahami cara menggunakan rumus ini, kami akan menjelaskannya secara sederhana.

Bahan Atap Baja Ringan

Dalam membangun atap rumah menggunakan baja ringan. Anda pasti tahu cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap rumah dan bahan apa saja yang dibutuhkan. Sebagai komponen atap bangunan.

Genteng Logam atau Spandek

Yang perlu Anda pahami adalah prinsip-prinsip bentuk dan cara merakit rangka baja ringan. Cara menghitung genteng spandek = (luas atap miring x 1,62). Jika Anda memperbaiki total luas sisi kemiringan atap adalah 366 meter persegi. Kemudian akan dihitung dengan 366 x 1,62 = 592,92 atau dapat dibulatkan menjadi 593 lembar atap genteng dengan ukuran 2,00 x 4,00 meter.

Saluran C dan Reng

Cara menghitung kebutuhan baja ringan selanjutnya adalah dengan menghitung jumlah kasau atau kanal C. Kanal merupakan penopang utama rangka atap baja ringan yang berfungsi sebagai penopang gaya tarik dan tekan.

Jika total luas permukaan atap yang akan dipasang adalah 366 meter persegi. Jadi perkiraan penggunaan saluran C dapat dihitung dengan jumlah saluran C = (366 x 4) / 6 = 1.464 / 6 = 244 bar. Dengan panjang batang per meter adalah 6,00 meter. Jika jumlah kanal C adalah 244 bar, maka perhitungannya = 244 x 1,20 = 292,8 atau bisa dibulatkan menjadi 293 buah.

Lapisan Atap dan Lapisan Baja Ringan

Rumus yang dapat digunakan untuk menentukan jumlah ulir yang digunakan pada pemasangan genteng baja ringan adalah : Jumlah sirkuler Genteng = Jumlah Genteng x 12, jika sebelumnya diketahui jumlah genteng yang dibuka 593 lembar. Jadi karena bisa dihitung 593 x 12 = 7.116 pcs. Sedangkan baja ringan dapat dihitung dengan rumus. gx 20. Cara menghitung kebutuhan baja ringan sebagai berikut.

Jumlah kanal C dan atap genteng = 7.116 + 7.320 = 14.436. Jumlah genteng spandek atau genteng metal biasanya kira-kira = 593 lembar. Jumlah kaso / kanal C = 244 batang. Jumlah reng = 293 batang.

Harga Atap Baja Ringan

Dari hasil diatas anda dapat mengetahui cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk atap rumah. Karena disini anda dapat mengakali komponen dari pembentuk atap baja ringan dengan biaya dan bahan masing-masing.

Demikian penjelasan dari saya tentang kebutuhan baja ringan untuk Rab Atap Baja Ringan semoga bermanfaat, terima kasih.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
Atap Baja Ringan

Desain Atap Baja Ringan Galvalum Terbaik

Dipublish pada 11 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.838 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan – Desain atap galvalum saat ini menjadi solusi praktis untuk rumah modern. Perumahan modern saat ini sudah banyak dijadikan pilihan, terutama untuk kota-kota besar. Lahan kosong yang tersedia semakin kecil sehingga rumah minimalis dengan atap galvalum kini... selengkapnya

Baja Ringan Murah Jogja

Ada 9 Harga Baja Ringan Murah Jogja Terbaru Dan Terlengkap

Dipublish pada 18 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.756 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Ada 9 Harga Baja Ringan Murah Jogja Terbaru Dan Terlengkap Baja Ringan Murah Jogja – Sebelum ada bahan baja ringan yang ini dan masyarakat yang dulunya selalu menggunakan kayu untuk kerangka pada atap bangunanya. Tapi warga jogja di bagian sekitarnya... selengkapnya

atap baja ringan murah

Tips Ketika Memilih Atap Baja Ringan Murah Untuk Atap Rumah

Dipublish pada 14 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.797 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan Murah – Apa saja tips memilih atap baja ringan  yang terbaik untuk atap rumah idaman Anda? Pasti para pembaca semua penasaran dan ingin tahu seperti apa klasifikasi atap baja ringan terbaik yang cocok untuk digunakan sebagai salah... selengkapnya