Beranda » Pasang Rangka Atap Baja Ringan » Mau Menggunakan Rangka Baja Ringan? Pelajari dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Mau Menggunakan Rangka Baja Ringan? Pelajari dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Dipublish pada 1 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.797 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Perlu Anda tau Rangka baja ringan menjadi bahan bangunan favorit akhir-akhir ini, terutama untuk atap bangunan. Tidak hanya digunakan untuk membangun gedung skala besar, penggunaannya juga bervariasi untuk struktur tempat tinggal hingga rangka baja ringan untuk kanopi rumah. Banyaknya keunggulan rangka baja ringan membuat banyak orang beralih dari rangka kayu konvensional dan rangka baja.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, rangka baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan rangka baja ringan, ada baiknya mempelajari kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Yuk, simak penjelasannya!

Rangka Baja Ringan

Rangka Baja Ringan

Rangka Baja Ringan

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Rangka Baja Ringan?

  • Ringan, tapi kuat

Keunggulan rangka baja ringan yang paling populer dan populer adalah bobotnya yang ringan. Untuk itu bahan ini juga digunakan sebagai bahan atap untuk rangka kanopi rangka baja ringan. Bobotnya yang ringan membuat pandangan lebih cepat dan biaya lebih murah.

  • Kompatibel dengan berbagai jenis penutup atap

Meski ringan dan terbuat dari baja, atap baja ringan cocok dipasang dengan berbagai jenis penutup atap rangka baja ringan. Mulai dari genteng metal, genteng keramik, genteng kaca, hingga genteng beton, atap rangka baja ringan ini juga bisa disangga. Namun, semakin berat bebannya, semakin banyak jumlah batang yang dibutuhkan untuk atap rangka baja ringan.

  • Instalasi mudah

Bobot bahan yang ringan dan bentuknya yang presisi membuat pemasangan rangka baja ringan jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis lainnya. Jika pemasangannya mudah, waktu yang dibutuhkan dalam prosesnya pun lebih sedikit. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat rangka baja ringan dan rangka baja kanopi akan lebih ringan bukan?

  • Baja ringan memiliki sifat tidak mudah terbakar

Dari segi keamanan, kanopi baja ringan ini bisa menjadi pertimbangan utama Anda. Baja ringan memiliki sifat tidak mudah terbakar. tidak mudah terbakar artinya tidak dapat menimbulkan api. Setiap rumah mengalami kebakaran, kanopi baja ringan ini tidak akan membuat api membesar dan menyebar.

Dibandingkan kanopi berbahan kayu yang malah memperbesar api, tentunya kanopi baja ringan ini lebih aman. setidaknya, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menyelamatkan diri dan barang-barang berharga jika terjadi kebakaran rumah. Proses pemadaman api nantinya akan mudah.

  • Baja ringan tidak akan mengalami pemuaian

Baja ringan memiliki ketahanan yang luar biasa dari perubahan cuaca. Sementara kanopi dari bahan lain mengalami pemuaian dan perbedaan karena perubahan cuaca, kanopi baja ringan akan bertahan dalam ukuran. Tanpa proses pemuaian dan perubahan, bentuk kanopi baja ringan tidak akan berubah dan mengurangi kenyamanan dan keamanan.

  • Bentuk bingkai bervariasi dan fleksibel

Tak heran jika rangka baja ringan juga banyak digunakan untuk bangunan skala besar. Bentuknya yang bervariasi dan tidak kaku membuat rangka baja ringan dapat digunakan sebagai konstruksi untuk bentuk bangunan yang unik. Meski demikian tetap diperlukan pertimbangan yang tepat agar rangka atap baja ringan dan kanopi baja ringan dapat berdiri kokoh.

  • Tahan lama dan anti karat

Rangka baja ringan dipilih karena sifat anti karatnya. Tidak hanya itu, karena baja ringan pada dasarnya terbuat dari logam, Anda tidak perlu khawatir dengan rayap seperti pada rangka kayu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika rangka baja ringan kanopi kamu sering terkena hujan, sudah anti karat kok! Sifat anti karat dan anti rayap ini membuat rangka baja ringan sangat awet dan perawatannya rendah.

Kekurangan rangka baja ringan :

  • Kurang estetika

Meski memiliki banyak kelebihan, rangka baja ringan juga tidak memiliki beberapa kelemahan, salah satunya penampilan atau estetika. Jika rangka kayu bisa diekspos tanpa plafon untuk mempercantik ruangan, untuk atap rangka baja ringan tidak. Bentuk dan warna logam pada rangka baja ringan tidak terlihat dan terlihat berantakan saat diekspos di dalam ruangan.

  • Harganya lumayan mahal

Jika dibandingkan dengan rangka kayu, harga atap rangka baja ringan tentu lebih mahal. Namun, lokasi tempat tinggal juga mempengaruhi harga ini. Di daerah yang langka kayunya, ada kemungkinan harga rangka baja ringan dipatok lebih murah daripada rangka kayu.

  • Mudah tertiup angin

Bobot rangka yang ringan juga bisa jadi kelemahan lho. Jika tidak dipasang dengan benar, ada resiko rangka baja ringan kanopi pengangkutan angin. Potensi rangka atap yang kendor tertiup angin akan lebih tinggi di daerah yang anginnya kencang.

  • Rentan runtuh jika salah perhitungan

Perhitungan yang benar sebelum dan pada saat pemasangan rangka baja ringan sangat dibutuhkan. Pasalnya, jika tidak sesuai dengan perhitungan dan gambar yang dibuat dengan benar, atap rangka baja ringan ini rawan ambruk.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tenaga ahli yang berpengalaman untuk memasang rangka baja ringan sesuai dengan rencana dan perhitungan Anda.

Info rangka baja ringan klik disini .

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya
baja ringan murah

Ukuran Dan Jenis Dan Profil Baja Ringan Murah

Dipublish pada 14 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.731 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Baja Ringan Murah – Baja ringan memiliki banyak varian ukuran, mulai dari 0,75 mm – 1,00 mm hingga 31 mm – 100 mm. Untuk mengetahui perbedaan antara ukuran tersebut, ada baiknya mengetahui tentang baja ringan terlebih dahulu. Baja ringan merupakan... selengkapnya

Harga Rangka Baja Ringan Per M2

Harga Rangka Baja Ringan Per M2

Dipublish pada 11 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.738 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Baja ringan atau bisa juga disebut galvalume, telah banyak digunakan sebagai bahan pengganti kayu atau baja konvensional dalam pembuatan rangka atap. Dengan harga rangka baja ringan per m2 dan harga rangka baja ringan per m2 2022 penggunaan material ini diharapkan... selengkapnya

Rangka Atap Baja Ringan

Memilih Rangka Atap Baja Yang Murah

Dipublish pada 11 July 2022 | Dilihat sebanyak 2.770 kali | Kategori: Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Rumah Anda adalah istana Anda, jika rumah Anda runtuh karena kualitas atap yang dipasang, pasti pemilik rumah akan menerima hujan ubin dan langit-langit. Untuk tepatnyalah dalam memilih produk rangka atap baja ringan yang dijual di pasaran. Saat ini banyak pilihan... selengkapnya